Unlock Smartphone dengan Gelombang Otak, Kenapa Tidak?

Unlock Smartphone dengan Gelombang Otak, Kenapa Tidak?

Inovasi teknologi seolah tak berbatas. Jika saat ini unlock smartphone menggunakan fingerprint scanner sedang menjadi tren, maka di masa mendatang Anda mungkin akan menjumpai teknologi yang lebih canggih lagi, bukan sekedar iris scanning yang kini juga mulai dikembangkan.
Laporan terbaru dari New Scientist (via Cult of Mac) mengungkapkan potensi gelombang otak yang nantinya akan dapat digunakan untuk unlock ponsel. Gelombang otak sendiri sangatlah unik dan masing-masing orang bereaksi terhadap kata-kata yang berbeda.

Blair Armstrong dari Basque Center on Cognition, Brain, and Language di Spanyol melakukan uji coba di mana ia dan timnya merekam sinyal otak dari volunteer. Para volunteer ini diminta untuk membaca daftar akronim dan sebuah komputer digunakan untuk menemukan perbedaan diantara mereka.

Tampaknya gelombang otak volunteer tersebut cukup berbeda, di mana mereka bisa diidentifikasi secara individu dengan tingkat akurasi 94%. Ini berarti gelombang otak memiliki potensi untuk berfungsi sebagai metode untuk melindungi data. Meski akurasi 94% ini agak mengkhawatirkan saat ini, namun ke depannya kemungkinan akan bisa ditingkatkan. Armstrong sendiri menyebut proyek ini sebagai awal yang menjanjikan.

2 comments

  1. waah penasaran sama unlock smartphone dengan gelombang otak ini...
    mesin cuci ultrasonic

    ReplyDelete