Kamera iPhone 6s Bakal Diupgrade Menjadi 12MP, dengan Satu Konsekuensi

Kamera iPhone 6s Bakal Diupgrade Menjadi 12MP, dengan Satu Konsekuensi

Apple selama ini sudah sering mengatakan bahwa perusahaan mereka sama sekali tak berminat untuk ikut-ikutan dalam lomba adu jumlah megapixel seperti halnya para produsen Android, dan lebih berkonsentrasi untuk mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto dengan kualitas yang jauh lebih baik. Namun melihat bagaimana Apple selama beberapa tahun terakhir telah mulai meninggalkan keyakinan mereka (iPad berukuran kecil dan iPhone berukuran besar), mungkinkah Apple juga bakal melakukan hal serupa untuk fitur kamera di iPhone?

Jika mengacu pada apa yang diungkapkan oleh sejumlah analis akhir-akhir ini, jawabannya adalah ya! Apple selama beberapa minggu terakhir gencar dikabarkan bakal mengupgrade kamera di iPhone 6s dengan menggunakan sensor 12MP. Sekalipun sensor seukuran itu setara dengan sensor kamera untuk produk Android kelas menengah saat ini, namun peningkatannya cukup signifikan mengingat Apple setia menggunakan sensor 8MP selama bertahun-tahun.
Kini muncul sebuah klaim baru dari salah seorang analis firma IHS yaitu Kevin Wang yang menyatakan kalau upgrade tersebut bakal memiliki sebuah konsekuensi pada kamera di iPhone. Wang mengatakan bahwa dengan menggunakan sebuah sensor 12MP maka ukuran pixel dari foto yang dihasilkan bakal lebih kecil.

Jika Anda akrab dengan dunia fotografi, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ukuran pixel yang lebih besar (serta tingkat kepadatan pixel yang lebih rendah) biasanya mampu menghasilkan foto yang lebih baik untuk penggunaan dalam kondisi tingkat pencahayaan rendah, juga noise yang lebih sedikit. Namun masih banyak elemen lain yang bisa digunakan untuk memperbaiki kekurangan tersebut, seperti ukuran bukaan sensor serta teknologi pemrosesan foto yang digunakan.

Sampai saat ini juga masih belum jelas apakah Apple masih setia dengan sensor 8MP atau siap menggunakan tingkat resolusi yang lebih besar, jadi untuk lebih jelasnya, pastikan Anda selalu memantau kabar terbaru iPhone 6s di ngobrolgaget.

2 comments