Taylor Swift Tolak Album Terbarunya Diperdengarkan di Apple Music

Taylor Swift Tolak Album Terbarunya Diperdengarkan di Apple Music

Artis muda penuh talenta, Taylor Swift dikabarkan tidak menginginkan album terbarunya, 1989, dimasukkan dalam layanan musik streaming Apple. Demi profesionalitas, Swift kemudian menuliskan surat terbuka kepada raksasa teknologi tersebut dan mempostingnya di Tumblr. Surat tersebut memberikan penjelasan mengapa ia mengatakan tidak kepada Apple Music.

Dalam surat itu, Swift menjelaskan bahwa dia kecewa dengan keputusan Apple untuk memberikan trial Apple Music gratis tiga bulan. Karena dalam kontrak Apple dituliskan untuk label rekaman, artis, produser, dan penulis lagu adalah berdasarkan pendapatan, tidak akan ada yang mendapatkan bayaran selama tiga bulan tersebut.

Swift juga menambahkan bahwa surat yang ia layangkan mewakili artis-artis baru yang tidak menginginkan lagu mereka diberikan secara cuma-cuma.

Penyanyi lagu Style ini menulis, "Surat ini adalah untuk penulis lagu muda yang baru saja mendapatkan kontrak dan menganggap bahwa royalti yang didapat bakal membantu keuangannya."
Sementara itu, Apple akan melakukan debut layanan streaming musik ini pada tanggal 30 Juni, bersamaan dengan peluncuran iOS 8.4. Layanan ini rencananya bakal mengenakan tarif $9.99 per bulan setelah uji coba gratis selama tiga bulan pertama. Sementara untuk tarif langganan keluarga adalah $14.99 per bulan, yang bisa digunakan untuk enam pengguna sekaligus.