Mengapa Blackberry Masih Bisa Memproduksi Smartphone? Ini Jawaban John Chen

Mengapa Blackberry Masih Bisa Memproduksi Smartphone? Ini Jawaban John Chen

Dalam sebuah wawancaranya dengan Fox News, CEO BlackBerry John Chen mengatakan bahwa prioritas utamanya adalah mengubah keadaan agar BlackBerry mendapatkan profit. Ia menekankan bahwa BlackBerry kini memiliki tabungan $ 3 milyar di bank. Ia juga menegaskan bahwa BlackBerry telah mengakuisisi tiga perusahaan yang memberikan dukungan terbaik untuk sistem keamanan mereka, dan fokus mereka saat ini adalah enterprise sales, power users dan government workers.


Bila Anda penasaran, bagaimana sebuah perusahaan seperti Blackberry dengan penjualan yang buruk namun masih bertahan di pasaran, John Chen menjawabnya bahwa bisnis yang baik adalah yang bisa menghasilkan uang. Perangkat BlackBerry adalah perangkat yang memperkenalkan konsumen kepada layanan keamanan dan manajemen data perusahaan.

"Jadi inilah alasan mengapa semua pemerintah di negara-negara berkembang terbesar menggunakan perangkat kami," ujar CEO BlackBerry ini. "Anda bisa melihat para presiden menggunakan smartphone kami."

Permasalah terbesar dari seorang John Chen saat ini adalah mengganti biaya perawatan yang biasa dibayarkan para operator seluler kepada BlackBerry ketika pengguna dari model-model lama membayar invoice bulanan mereka. Chen mengatakan bahwa biaya ini adalah pendapatan margin terbesar yang dimiliki BlackBerry, yang kini semakin menipis karena para konsumen mulai mengganti perangkat lama dengan model terbaru, atau model dari kompetitor smartphone.

Karena memiliki margin yang besar, Chen mengatakan bahwa bila saja ia bisa menumbuhkan bisnis software dan messaging, ia bakal bisa menutup pendapatan dari layanan yang semakin melamban. Secara keseluruhan, ia melihat kesempatan yang lebih besar di negara-negara selain Amerika Utara.