Pabrik Baterai Samsung di Tiongkok Alami Kebakaran

Pabrik Baterai Samsung di Tiongkok Alami Kebakaran

Kontroversi Galaxy Note 7 boleh jadi telah berakhir, namun Tahun Ayam Api tampaknya membuat Samsung tak bisa jauh-jauh dari masalah kebakaran. Pada hari Kamis pagi tanggal 8 Februari kemarin, salah satu pabrik Samsung SDI di Tiongkok mengalami kebakaran, dan bisa Anda tebak, penyebabnya adalah limbah produksi termasuk baterai-baterai cacat produksi.


Kebakaran terjadi di salah satu pabrik yang berlokasi di bagian utara kota Tianjin dan telah berhasil dipadamkan, untungnya tanpa ada korban jiwa ataupun kerugian besar terhadap pabrik. Kebakaran terjadi bukan di bagian produksi, tapi di area yang disiapkan untuk menampung pembuangan limbah, dan itu termasuk baterai-baterai cacat yang dikembalikan tahun lalu. Pasca insiden, pabrik kembali beroperasi normal.

Sekaliun dari pihak Samsung tidak ada keterangan tentang penyebab kebakaran, namun akun Weibo resmi pihak pemadam kebakaran kota Tianjin mengkonfirmasi kalau insiden tersebut disebabkan oleh baterai yang ada di dalam pabrik. Dalam keterangannya, pihak pemadam kebakaran menjelaskan kalau 'bahan yang memicu kebakaran adalah baterai lithium di dalam bengkel produksi dan sejumlah produk yang separo jadi.' Insiden juga cukup parah, mengingat mereka membutuhkan 110 personel beserta 19 truk untuk memadamkan api.

Yang menarik, Samsung SDI kabarnya bakal kembali jadi pemasok baterai untuk Galaxy S8, dan pabrik di Tianjin tersebut merupakan 1 dari 5 sentra produksi milik Samsung SDI di Tiongkok, juga pabrik besar yang memproduksi baterai kecil untuk produk ponsel.

gopego